Layanan Sistem Operasi

Sebelum kita membahas tentang layanan-layanan yang diberikan sistem operasi kita harus mengetahui fungsi sistem operasi. Sistem operasi di sini berfungsi sebagai mediator. Dari fungsi nya saja kita sudah mengetahui bahwa sebegai tempat media, penyedia. Mediator di sini maksudnya adalah untuk mempermuda bagi pemrogram dan program aplikasi dalam menggunakan dan mengakses layanan yang diberikan oleh sistem operasi tersebut.  Layanan yang seperti apa yang diberikan. Mari kita bahas satu persatu.

Layanan dalam Sistem Operasi

1. Pembuatan program

Dalam pembuatan program, programmer pasti membutuhkan yang namanya debugger ketika program itu terjadi bug. Sistem operasi mempermudah dan membantu dalam mengakses proses debugger dan editor tersebut yang sudah berada di dalam program yang berbentuk utilitas.

2. Eksekusi program

Sistem operasi menangai semua task untuk kepentingan pengguna. Task diantaranya berupa instruksi data harus di muatkan ke dalam memori, perangkat I/O harus di inisialisasi termasuk juga file harus diinisialisasi, dan sumber daya lain harus di sipakan.

3. Pengaksesan perangkat I/O

Perangkat di dalam I/O terdapat instruksinya sendiri atau signal control untuk operasi. Layanan yang diberika oleh sistem operasi yaitu menjaga detailnya sehingga pemrogram dapat menganggapnya sebgai operasi pembacaan dan penulisan yang sederhana.

4. Pengaksesan terkendali terhadap berkas

Sebelumnya telah dikatakan bahwa perangkat menjaga detailnya. Pengakasesan terkendali di sini maksudnya adalah format file yang terdapat di dalam media penyimpanan. lebih lanjut lagi sistem operasi emnyediakan mekanisme proteksi untuk mengontrol akses ke file.

5.  Deteksi dan memberi tanggapan terhadap kesalahan

Terjadi error atau pun kesalahan dalam komputer bekerja merupakan hal yang sering terjadi. misalnya memori error, overflow aritmetik, kesalahan perangkat. dll. Semua kesalahan yang terjadi itu sistem operasi harus membuat respons yang dapat menghilangkan eroor tersebut dengan dampak sedikit terhadap aplikasi yang berjalan.

6. Akunting (Pencatatan)

Dari layanan yang diberikan sudah terlihat bahwa akunting yang berarti mencatat. Sistem operasi mencatat semua  statistik pemakain bermacam-macam sumber daya dan memonitor parameter kinerja seperti waktu respons.

Sumber pustaka: Stallings, Willian. Sistem Operasi Edisi Keempat. Indeks kelompok Gramedia.

4 thoughts on “Layanan Sistem Operasi

  1. Ping-balik: Sistem Operasi Komputer | Stitchers !!!

  2. Ping-balik: thedark09

  3. Ping-balik: jawaban Sistem Operasi (Teori) - BISNIS DAN INFORMASI

Tinggalkan komentar